Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Konsumsi Folat Sebelum Hamil


Manfaat konsumsi folat sebelum hamil akan Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin, terkhusus bagi perempuan yang sedang dalam melakukan program kehamilan. Sebab asam folat memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesuburan dan membantu tumbuh kembang janin dalam perut.

Sudah banyak perempuan yang terbantu setelah mengonsumsi asam folat. Menurut survei yang telah dilakukan, 70% wanita akan lebih cepat mengalami kehamilan jika sering mengonsumsinya dibanding wanita yang tidak pernah mengonsumsinya sama sekali.

Sebenarnya dalam pencukupan asam folat tidaklah sulit. Anda bisa menemukan pada brokoli, bayam, seledri, hati ayam dan daging, yang dimana tiap-tiapnya mengandung asam folat. Namun untuk lebih praktisnya Anda bisa langsung mendapatkan kapsulnya di apotik sekitar tempat Anda.

Manfaat Konsumsi Folat Sebelum Hamil Yang Wajib Diketahui

Asam folat sangat baik bagi kesehatan mental, menjaga fungsi otak dan seabrek kelebihan lainnya.  Berkat khasiatnya tersebut, asam folat sering dijuluki sebagai suplemen pahlawan bagi ibu hamil atau bagi para pasangan suami istri yang sedang dalam perencanaan mendapatkan momongan.

Mengingat kelebihannya yang mendorong perkembangan kehamilan, mengonsumsi folat sangatlah penting untuk mempersiapkan kehamilan. Inilah beberapa manfaat mengonsumsi folat sebelum kehamilan yang akan Anda rasakan.

1. Mencegah Cacat Lahir
Dengan rajin mengonsumsi asam folat secara rutin, dapat membantu calon ibu melakukan upaya pencegahan terjadinya keguguran maupun cacat lahir. Seperti cacat tabung saraf, bibir sumbing dan juga cacat jantung pada bayi nantinya.

Sekedar untuk Anda ketahui bahwa tabung saraf ialah bagian dari embrio, dimana tulang belakang dan juga otak janin berkembang. Untuk itu pengonsumsian asam folat sangat diperlukan sebelum hamil, agar kelainan itu tidak sampai terjadi di awal masa perkembangan janin.

2. Membantu Proses Kehamilan
Bagi Anda para pasangan muda yang ingin mendapat momongan baru, pengonsumsian asam folat sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesuburan kandungan. Sebab asam folat telah diketahui dapat mempengaruhi pembentukan embrio dan juga mencakup keseluruhan proses kehamilan.

Tak hanya itu asam yang banyak didapatkan pada segala jenis sayuran dan lemak hewani. Ini dapat mempengaruhi fungsi implantasi, kualitas sel telur dan juga ovarium.  Maka, sudah pasti folat sangat dibutuhkan dalam proses kehamilan.

Untuk hasil lebih maksimal Anda bisa mengonsumsi suatu jenis suplemen yang mengandung myo-inositol,asam folat dan melatonin, yang sudah teringkas dalam satu kapsul suplemen bernama folavit, yang bisa mudah Anda temukan di apotik di sekitar tempat Anda.


3. Membantu Meningkatkan Jumlah Sperma
Tak hanya diperuntukkan bagi kaum hawa saja, asam folat juga nyata berkhasiat terhadap pria dalam peningkatan kesuburan dan juga kualitas sperma. Sehingga bisa memperbesar peluang melakukan pembuahan dan proses kehamilan pasangann Anda.

Sebuah hasil penelitian telah menunjukkan, bahwa asam folat dengan jenis seng yang dikonsumsi pria memiliki andil yang sangat penting dalam mengoptimalkan pembentukan DNA dan juga sperma pria.

4. Mencegah Keracunan Kehamilan
Tidak sampai berhenti di situ saja, bagi kaum hawa pengonsumsian asam folat yang cukup dengan dosis tepat, dapat mencegah terjadinya berbagai komplikasi dalam masa kehamilan. 

Salah satunya keracunan kehamilan atau biasa disebut dengan preeklampsia Adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya peningkatan tekanan darah serta bocornya protein di urine ibu hamil. 

Jika terus dibiarkan akan berbahaya bagi ibu dan juga pada calon buah bayi. Maka sebelum itu terjadi, biasakan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asupan asam folat ya.

5. Mencegah Kelainan Pada Calon Buah Hati
Bagi tumbuh kembang janin selama dalam perut bunda. Asam folat yang dikonsumsi semenjak awal kehamilan dapat membantu mengembangkan sistem saraf pada janin dan juga untuk mencegah terjadinya spina bifida.

Sekedar untuk mengetahui, spina bifida ialah suatu kondisi kelainan pada janin. Dimana jaringan otak beserta selaputnya keluar melalui tulang belakang yang diakibatkan oleh kegagalan penutupan tabung saraf.

Itulah tadi 5 manfaat konsumsi folat sebelum hamilyang tentunya perlu Anda ketahui. Apalagi bagi pasangan suami istri yang sedang melakukan program mendapatkan momongan. Namun, ada baiknya dalam mengonsumsinya, konsultasilah dengan dokter agar tidak terjadi efek samping dikarenakan dosis yang berlebihan.

Pentingnya Ikut Komunitas Pafi Lamandau


Belajar dari komunitas, diskusi dan konsultasi terkait pembelajaran tentang kesehatan, parenting, dan ilmu medis seperti ini sangat dianjurkan. Oleh karena itu, kita tidak boleh bergantung terhadap info di google seperti ini saja, tetapi harus diskusi, komunikasi dua arah, jika ada yang salah, bisa diobrolkan bareng dengan grup atau komunitas.

Ada banyak banget sebenarnya, komunitas itu. Salah satunya, pafilamandau.org, Anda bisa bergabung di sana, semoga menemukan lingkungan komunitas yang cocok ya!




Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh)
Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh) Hai guys, saya Nur Chafshoh, seorang blogger pemula yang haus ilmu. BTW Saya udah emak-emak yang sedang ingin melampiaskan hobi nulis, apalagi sekarang tentang niche Sejarah nih tentunya nanti pasti ngarahnya pendidikan. Jika ingin mengerti tentang detailku untuk kerjasama langsung inbox di email yang ada. Atau cukup tinggalkan komentar, terimakasih atas perhatiannya.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Konsumsi Folat Sebelum Hamil"